PEMERINTAH KABUPATEN KEDIRI
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SEKOLAH DASAR NEGERI PLOSOLOR
KECAMATAN PLOSOKLATEN
NSS 1010 5131 2029 NPSN : 2051 1578 NIS : 1000 90
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa Laporan Pendampingan
Implementasi Kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan lancar . Kegiatan
pendampingan implementasi kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan ini
merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan Pelatihan Implementasi
Kurikulum 2013 secara keseluruhan.
Laporan
ini berdasarkan pelaksanaan pendampingan implementasi kurikulum 2013, agar
terarah sesuai dengan konsep dan nilai historis perubahan kurikulum 2013 yang
berlaku secara nasional. Bagi kepala sekolah pedoman ini juga
akan menjadi panduan teknis dalam pelaksanaan pendampingan kepada guru.
Kepada semua pihak yang telah
berperan aktif dalam penyusunan pelaporan ini, kami ucapkan terima kasih dan
penghargaan atas dedikasi dan sumbangan pemikirannya. Semoga pedoman ini dapat
memberi manfaat positif dalam pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di
lembaga juga dalam
rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
|
|
Plosoklaten, 23 September
2014
Penyusun
EKO DYAH KUMOLORINI,M.Pd
NIP.19641121 198303 2 001
|
DAFTAR ISI
Halaman
Judul. ……….….…………………………………………………………........…… i
Lembar
Pengesahan………………………………………………..………………………….ii
Kata
Pengantar……………….………………………………..…….……………..…….……1
Daftar
isi………………………….…………………………..…..………………..…………..2
Bab I
Pendahuluan
A. Rasional……………….………………………………………………….……………3
B. Tujuan…………………….……………………………………………………..……..6
C. Sasaran………………………..…………………………….………………………….7
D. Hasil yang diharapkan………….……………………………..…………….…..……..7
Bab II:
Pelaksanaan Pendampingan
A. Persiapan…………………………………..…………….……………………………..10
B. Pelaksanaan……………………………….…………………...…………….…………11
C. Hasil…………………….…………..………………………………………………….14
D. Kendala……………………..………………………..…………………………..…….14
Bab III. Kesimpulan dan Rekomendasi
A. Simpulan………………………………………………,,,,,,,,,,,,,,,,,,,…….……….……16
B. Rekomendasi…………………………………………..,,,,,,,,,……………..………….16
LAMPIRAN
1.
Nama Peserta Pendampingan
2.
Jadwal kegiatan Pendampingan
BAB I
PENDAHULUAN
A. RASIONAL
Kurikulum
sekolah setiap periode tertentu akan mengalami perubahan. Hal ini terjadi untuk
menyesuaikan dengan perubahan zaman. Pengembangan Kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan Pengembangan
Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006
yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Pengembangan
Kurikulum 2013 diharapkan dapat mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada
kurikulum sebelumnya. Hal ini sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan dimana kurikulum 2013 dirancang dengan tujuan untuk mempersiapkan
insan Indonesia yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara
yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan efektif serta mampu
berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban
dunia melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
Pada
Kurikulum 2013 terjadi penyempurnaan pola pikir tentang pembelajaran, yaitu
dari pembelajaran berpusat pada guru, menuju berpusat pada siswa. Pembelajaran
berpusat pada siswa, cirinya antara lain, siswa interaktif, tidak terisolasi,
aktif menyelidiki, konteks dunia nyata, pembelajaran berbasis team,
memanfaatkan semua panca indera, menggunakan alat multi media, kooperatif,
mengembangkan inisiatif siswa, pengetahuan jamak, siswa diberi tanggung jawab,
dan kritis.
Elemen
perubahan kurikulum 2013 terdapat pada 4 standar dari 8 standar
kompetensi, Standar Kompetensi Lulusan (
SKL ), Standar ISI ( SI ), Standar Proses, dan Standar Penilaian.
1. Elemen
perubahan pada Standar Kompetensi Lulusan yaitu adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang
meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Keseimbangan
antara sikap, ketrampilan, dan pengetahuan untuk membangun soft skills dan hard
skills, pada pendidikan dasar ( SD ) lebih banyak ditekankan pada sikap. Untuk
pengetahuan dan ketrampilan lebih sedikit. Untuk jenjang diatasnya pengembangan
sikap semakin sedikit, sedangkan
pengetahuan dan ketrampilan semakin banyak prosentasenya.
Perubahan
pada Standar Kompetensi Lulusan pada tiga ranah dijabarkan sebagai berikut :
Sikap, diharapkan siswa
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap Orang yang beriman, berakhlak
mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam, Serta
dalam menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Ketrampilan diharapkan siswa memiliki kemampuan pikir dan
tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret, Terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah sesuai
dengan bakat, minat, dan kemampuannya. Pengetahuan, diharapkan siswa memiliki pengetahuan
Prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban.
Terkait penyebab fenomena dan kejadian yang tampak mata yang mencakup penyebab, alternatif solusi, kendala dan solusi akhir
2. Standar
Isi
a.
Elemen
perubahan pada Standar Isi yaitu pada kompetensi yang semula
diturunkan dari matapelajaran berubah menjadi mata pelajaran dikembangkan dari
kompetensi. Pada kurikulum sebelumnya
menggunakan Standar Kompetensi, sekarang menggunakan Kompetensi Inti.
Kompetensi inti, masing- masing mata pelajaran sama untuk satu kelas. Dari
komptensi inti dijabarkan menjadi Kompetensi Dasar, dan selanjutnya dijabarkan
lagi ke dalam indikator-indikator.
b.
Perubahan pada pendekatan yaitu pendekatan Tematik terpadu dalam semua mata
pelajaran.
c.
Perubahan pada Mata pelajaran, yaitu pelajaran yang Holistik berbasis
sains (alam, sosial, dan budaya).
d.
Perubahan pada dan alokasi waktu dimana jumlah matapelajaran dari 10
menjadi 6. Jumlah jam bertambah 4 JP/minggu akibat perubahan pendekatan
pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada struktur kurikulum.
STRUKTUR
KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR
NO
|
Komponen
|
Alokasi Waktu Kelas
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||||
A
|
Mata Pelajaran
|
Tematik
|
-
|
Tematik
|
|
||||||||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
3
|
3
|
||||||||||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
||||||||||
3
|
Bahasa Indonesia
|
5
|
5
|
||||||||||
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
||||||||||
5
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
||||||||||
6
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3
|
3
|
||||||||||
7
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
4
|
4
|
||||||||||
8
|
Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan
Kesehatan
|
4
|
4
|
||||||||||
B
|
Mulok :
|
|
|
||||||||||
|
a. Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
||||||||||
C
|
Pengembangan Diri
|
|
|
|
2
|
||||||||
D
|
Ekstra
kurikuler
|
|
|
||||||||||
|
1.
Pramuka
|
2*)
|
2*)
|
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|||||
|
2.
Bahasa Inggris
|
2*)
|
2*)
|
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
|||||
|
Jumlah
|
32
|
34
|
36
|
38
|
38
|
38
|
||||||
*) Ekuivalen 2 jam Pembelajaran
Keterangan:
1. 1 (satu) Jam pelajaran alokasi waktu 35 menit.
2. Kelas 1, 2, 4, dan 5 pembelajaran Tematik, alokasi waktu per mata pelajaran diatur sendiri oleh SD.
3. Kelas 3 dan 6 pendekatan Mata Pelajaran.
4. Sekolah dapat memasukan pendidikan yang
berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran yang diunggulkan.
5. Mengenai pembelajaran tematis sekolah dapat
menentukan alokasi waktu permata. pelajaran sedangkan dalam PBM menggunakan
pembelajaran tematik
6.
Standar Proses
Perubahan pada Standar Proses menggunakan Pendekatan
saintifik dan kontekstual, yang semula terfokus pada Eksplorasi, Elaborasi, dan
Konfirmasi dilengkapi dengan Mengamati,
Menanya, Mengolah, Menyajikan, Menyimpulkan, dan Mencipta. Belajar tidak hanya
terjadi di ruang kelas, tetapi juga di
lingkungan sekolah dan masyarakat. Guru bukan satu-satunya sumber
belajar, sedangkan sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh
dan teladan.
7.
Standar Penilaian
Perubahan pada Standar Penilaian, yaitu
Penilaian berbasis kompetensi.
Pergeseran dari penilain melalui tes
[mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja], menuju penilaian
otentik [mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
berdasarkan proses dan hasil].
Penilaian Otentik yaitu penilaian berbasis
portofolio, pertanyaan yang tidak memiliki jawaban tunggal, memberi nilai bagi
jawaban nyeleneh, menilai proses pengerjaannya bukan hanya hasilnya, penilaian
spontanitas/ekspresif.
Memperkuat PAP (Penilaian Acuan Patokan)
yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya
terhadap skor ideal (maksimal). Penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi
juga kompetensi inti dan SKL. Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat
siswa sebagai instrumen utama penilaian.
Disamping
menanamkan konsep kurikulum 2013 kegiatan On The Job Learning ( OJL ) juga
melaksanakan pendampingan dalam menganalisis materi ajar semestar I yang
meliputi konsep pembelajaran tematik terpadu, analisis buku guru, dan analisis
buku siswa, penyusunan RPP, Pelaksanaan pembelajaran, penyusunan kurikulum oleh
kepala sekolah.
B.
Tujuan
Pendidikan
dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk kepala Sekolah bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan supervisi untuk menjamin
terlaksananya implementasi Kurikulum 2013 di sekolah. Untuk itu pada kegiatan
OJL ini kepala sekolah diharapkan mampu :
1.
Memahami
konsep pengembangan Kurikulum 2013 dengan pendekatan kompetensi sesuai dengan
kebijakan dan pembaharuan kurikulum dari berbagai aspek dan menanamkan
pemahaman konsep itu terhadap sekolah.
2.
Melakukan
supervisi perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan
karakteristik Kurikulum 2013.
3.
Meningkatkan
kemampuan Kepala sekolah dalam mengelola kurikulum secara Komprehensif di
sekolah.
A. Sasaran
Pendidikan
dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk kepala Sekolah, sasaran
pendampingan Kepala Sekolah adalah, Guru Kelas 1,2,4,5 , dan Guru Pendidikan
Jasmani Olahraga dan Kesehatan SDN Jarak
3 Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dalam mengimplementasikan Kurikulum
2013 di sekolahnya. Adapun nama-namanya adalah Sebagai berikut :
NAMA GURU SASARAN
SDN PLOSOLOR
KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI
NO
|
NAMA
|
NIP
|
JABATAN
|
1.
|
SITI FATIMAH,S.Pd.SD
|
19610201 198303 2 009
|
Guru Kelas I
|
2.
|
ENDANG YULIWATI,S.Pd
|
-
|
Guru Kelas
II
|
3.
|
ANDRI SETIYA BUDI,S.Pd.SD
|
-
|
Guru Kelas
IV
|
4.
|
UMATUL HUSNIAH,S.Pd
|
-
|
Guru Kelas
V
|
5.
|
ISMOYO,S.Pd
|
19560816 198308 1 002
|
Guru PAI
|
6.
|
MURWIANINGSIH,S.Pd
|
19590414 198201 2 010
|
Guru PJOK
|
B.
Hasil yang diharapkan
Hasil
yang diharapkan dari kegiatan On The Job Learning Pendidikan dan Pelatihan
Implementasi Kurikulum 2013 untuk guru-guru, adalah :
1. Tersosialisasinya
konsep Kurikulum 2013, meliputi rasional, elemen perubahan kurikulum
berdasarkan SKL, KI, KD dengan berbagai pendekatan dan strategi implementasi
Kurikulum 2013.
2. Melaksanakan
pendampingan dalam menganalils materi ajar semestar I yang meliputi konsep
pembelajaran tematik terpadu, analisis buku guru, dan analisis buku siswa.
3. Melaksanakan
pendampingan dalam perancangan model belajar
semestar I yang meliputi perancangan RPP dan Penilaian.
4. Melaksanakan
pendampingan dalam praktek pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan pendekatan saintifik, model
discovery/ inquary, problem based learning, dan project based learning.
Rencana Tindak Lanjut Pelaksanaan Pendampingan
Implementasi
Kurikulum 2013 di SDN Plosolor
Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri
NO
|
MATERI PENDAMPINGAN
|
BENTUK KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
KET
|
1.
|
Koordinasi dengan guru di sekolah
|
Pertemuan
dan/atau komunikasi awal dengan
guru berkenaan dengan rencana
pelaksanaan pendampingan
|
8 – 9 – 2014
|
|
.2.
|
Konsep
Kurikulum 2013
•
Rasional
•
Elemen perubahan Kurikulum 2013
•
SKL, KI dan KD
•
Strategi Implementasi Kurikulum 2013
|
•
Memberikan ilustrasi dan motivasi untuk menumbuhkan keterbukaan,
keyakinan, dan penerimaan guru terhadap kurikulum 2013.
•
Penyajian dan diskusi materi dalam pertemuan dengan seluruh guru
yang ada di SD sasaran, khususnya berkenaan dengan rasional dan elemen
perubahan.
•
Memberikan dorongan kepada guru untuk mulai melakukan analisis
materi ajar semester 1
|
10 – 9 – 2014
|
|
3.
|
Analisis Materi Ajar Semester I
•
Konsep pembelajaran Tematik Terpadu
•
Analisis Buku Guru
•
Analisis Buku Siswa
|
•
Memantau keterlaksanaan kegiatan analisis materi ajar yang telah
dibuat guru
•
Memberikan bimbingan berkenaan dengan analisis buku guru
•
Memberikan bimbingan berkenaan dengan analisis buku siswa
•
Mendokumentasikan hasil analisis buku guru dan siswa
|
11 – 9 – 2014
|
|
4.
|
Perancangan
Model Belajar Semester I
•
Perancangan RPP
• Perancangan Penilaian
|
•
Memantau keterlaksanaan penyusunan RPP dan Penilaian yang dilakukan
guru
•
Memberikan bimbingan berkenaan dengan penyusunan RPP
•
Memberikan bimbingan berkenaan dengan penyusunan rencana penilaian
•
Memfasilitasi keterlaksanaan penyusunan RPP dan Rancangan Penilaian
|
13 – 9 – 2014
|
|
5.
|
Praktek
Pembelajaran Terbimbing
•
Pendekatan saintifik
•
Model Discovery/ Inquary
• Problem Based Laearning
• Project Based Learning
|
•
Melakukan observasi pembelajaran yang dilakukan guru sasaran,
bersama Kepala Sekolahi dan pengawas sekolah
•
Berdiskusi berkenaan dengan hasil observasi dan berkonsultasi
tentang cara-cara mengatasi hambatan yang dihadapi guru.
•
Memberikan model penggunaan pendekatan saintifik, discovery/inquiry,
problem based learning, project based learning.
•
Menggali pengalaman guru berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran
dengan berbagai pendekatan dan model pembelajaran.
|
15 –
9 – 2014
|
|
6.
|
Laporan
Pendampingan
|
•
Menyusun laporan pendampingan
•
Menghimpun laporan pendampingan Guru
dan mengirimkan laporan kepada PPPPTK, LPMP, atau LPPKS.
|
22 – 9 – 2014
|
|
|
Plosoklaten, 27 September
2014
Yang membuat
EKO DYAH KUMOLORINI,M.Pd
NIP.19641121
198303 2 001
|
BAB II
PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
A. PERSIAPAN
Untuk
mengawali kegiatan pendampingan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Kurikulum
2013, Kepala Sekolah mengadakan koordinasi dengan Pengawas TK/SD Kecamatan
Plosoklaten. Agar pelaksanaan kegiatan lancar dan tidak berbenturan dengan
kegiatan pengawas sekolah maka perlu
direncanakan bersama kepala sekolah dalam
menyusun jadwal kegiatan pendampingan.
Rencana
kegiatan pendampingan disesuaikan dengan Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) yang
telah dibuat di akhir kegiatan pendampingan. Kegiatan dimulai dari koordinasi
dengan pihak terkait yaitu Kepala UPTD Pendidikan TK /SD Kecamatan Plosoklaten
dan Kepala SDN Jarak 3,melaksanakan sosialisasi dan motivasi tentang perlunya
kurikulum 2013, melaksanakan pemantauan dan pembinaan pembuatan analisis buku
guru dan buku murid, observasi dan diskusi pembelajaran, dan memantau dan
membimbing Kepala Sekolah dalam menyusun Kurikulum, serta perlu menyiapkan
instrumen pemantauan dan observasi.
Adapun jadwal kegiatannya adalah sebagai
berikut
JADWAL KEGIATAN PENDAMPINGAN
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN PLOSOLOR
NO
|
HARI
|
TANGGAL
|
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Senin
|
8-9-2014
|
Koordinasi dengan guru di sekolah
|
|
2
|
Rabu
|
10-9-2014
|
Praktek Pembelajaran Terbimbing
•
Pendekatan saintifik
•
Model Discovery/ Inquary
• Problem Based Laearning
• Project Based Learning
|
|
3
|
Kamis
|
11-9-2014
|
Analisis
Materi Ajar Semester I
•
Konsep pembelajaran Tematik Terpadu
•
Analisis Buku Guru
Analisis Buku Siswa
|
|
4
|
Sabtu
|
13-9-2014
|
Perancangan Model Belajar Semester I
•
Perancangan RPP
• Perancangan
Penilaian
|
|
5
|
Senin
|
15-9-2014
|
Praktek Pembelajaran Terbimbing
•
Pendekatan saintifik
•
Model Discovery/ Inquary
• Problem Based Laearning
• Project Based Learning
|
|
6
|
Senin
|
22-9-2014
|
Laporan Pendampingan
|
|
B. PELAKSANAAN
PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SDN PLOSOLOR
Pendampingan
Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 dilaksanakan sesuai jadwal
yang telah di buat. Jadwal ini merupakan penjabaran dari action plan yang telah
dibuat pada saat akhir diklat.
Sesuai dengan
jadwal Pendampingan, Kepala sekolah melaksanakan kegiatan pendampingan
implementasi kurikulum 2013 di SDN Plosolor sebagai sekolah
sasaran terhadap guru-guru. Pendampingan terhadap guru meliputi tersosialisasinya konsep Kurikulum 2013, memantau dan
membimbing guru dalam kegiatan analisis materi ajar, analisis buku guru, dan
analisis buku siswa, penyusunan RPP, menyusun rencana penilaian, dan observasi
dan diskusi pembelajaran.
Adapun
pelaksanaan kegiatan dapat diperinci sebagai berikut :
1. KOORDINASI
DENGAN KEPALA UPTD PENDIDIKAN TK DAN SD KECAMATAN PLOSOKLATEN DAN KEPALA SEKOLAH SDN PLOSOLOR
Pelaksanaan :
Hari Jum’at, Tanggal 5 September 2014
Langkah
awal untuk melaksanakan kegiatan pendampingan Implementasi Kurikulum 2013,
pengawas dan kepala sekolah SDN Plosolor Kecamatan Plosoklaten mengadakan
koordinasi dengan Kepala UPTD pendidikan TK dan SD Kecamatan Plosoklaten. Dalam
koordinasi tersebut, kami melaporkan
pelaksanaan, di lanjutkan dengan kegiatan pendampingan, dan sekaligus
mohon ijin untuk melaksanakan pendampingan, dan menyampaikan rencana kegiatan
pendampingan.
2. KOORDINASI
DENGAN DEWAN GURU SDN PLOSOLOR
Pelaksanaan
: Hari Sabtu Tanggal 6 September 2014
Koordinasi
dengan dewan guru SDN Plosolor untuk merencanakan kegiatan pendampingan di
sekolah. Kegiatannya adalah menyusun jadwal pendampingan, agar dalam waktu yang
telah ditentukan pendampingan bisa kami
laksanakan dengan efektif.
3. SOSIALISASI
KURIKULUM 2013 KEPADA WARGA
Pelaksanaan:
Minggu 7 September 2014
Sosialisasi
Kurikulum 2013 kepada Wali Murid dan Komite dan pemaparan Pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar untuk kelas 1,2.4 dan 5.
4.
KOORDINASI GURU SASARAN.
Pelaksanaan
: Senin 8 September 2014
Pengawas
dan kepala sekolah menyampaikan rencana kegiatan pendampingan kepada guru
sasaran. Pada pertemuan ini pengawas, kepala sekolah dan guru kelas 1,2 4,5 dan
guru PJOK bersama-sama menentukan jadwal kegiatan pendampingan. Pendampingan terhadap guru ini meliputi analisis buku materi ajar, analisis
buku guru, dan analisis buku siswa, penyusunan RPP, menyusun rencana penilaian,
dan observasi dan diskusi pembelajaran. Guru kelas 1,2,4,5 dan guru PJOK
diarahkan untuk segera menyiapkan diri dalam melaksanakan hasil Diklat ke dalam
kegiatan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dengan pantauan dan
bimbingan kepala sekolah dan pengawas.
1. PENDAMPINGAN
MENGANALISIS MATERI AJAR DAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA
Pelaksanaan:
Kamis 11 September 2014
Setelah
melakukan koordinasi dengan guru- guru dan memperoleh kesepakatan, kegiatan
dilanjutkan dengan pelaksanaan analisis buku guru.
Guru
kelas 1, kelas 4, dan guru PJOK secara bersama-sama menganalisis buku guru.
Pengawas sekolah memantau kegiatan tersebut, dan memberi pengarahan apabila ada
hal-hal yang belum difahami oleh guru.
Pendampingan
analisis buku guru berjalan lancar, karena guru-guru tidak mengalami kesulitan
dalam menganalisis buku guru
2. PENDAMPINGAN
PENYUSUNAN RPP DAN RENCANA PENILAIAN
Pelaksanaan:
13 September 2014
Guru
kelas 1, kelas 4, dan guru PJOK secara bersama-sama melakukan kegiatan menyusun
RPP. Pengawas sekolah memantau kegiatan
tersebut, dan memberi pengarahan apabila ada hal-hal yang belum difahami oleh
guru.
Pendampingan
penyusunan RPP berjalan lancar. Ada beberapa kendala yang kurang dipahami guru,
untuk itu pengawas memberikan pengarahan /pembinaan. Kesulitan yang dialami
guru adalah:
a. pada
penentuan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dicantumkan pada RPP,
harus terlaksana pada kegiatan pembelajaran, tepatnya pada kegiatan inti
pembelajaran.
b. Penulisan
RPP masih ada yang belum sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan ( EYD ) seperti
penggunaan tanda baca, spasi, kuruf besar dsb. Untuk itu pengawas menyarankan
untuk membenahi RPP dengan berpedoman pada EYD.
c.
Di SDN Plosolor, mata
pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan ( PJOK ) yang
tidak bisa terintegrasikan ke tema diajarkan tersendiri oleh guru mata
pelajaran PJOK. Untuk jadwal dan RPP menyesuaikan guru kelas.
3. PENDAMPINGAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pelaksanaan:
15 september 2014.
Pendampingan
pembelajaran dilakukan di kelas 1,2,4,dan 5. Adapun yang diobservasi adalah
Pembelajaran dari kegiatan Pendahuluan .inti , penutup
Dari
hasil observasi, ditemukan semua kelas sudah
menerapkan tematik terpadu. Namun masih ada yang kurang lancar. Alokasi
waktu belum sesuai dengan yang tertera pada RPP.
Untuk
guru yang tidak mengikuti pelatihan masih perlu pendampingan lebih lanjut.
8. PENYUSUNAN
LAPORAN
Pelaksanaan
: Senin,22 September 2014
Laporan
yang akan dikumpulkan berupa portofolio hasil pendampingan yang dilaksanakan di
SDN Plosolor sebagai sekolah sasaran berupa soft copy dan hard copy.Adapun
portofolio tersebut terdiri dari:
a.) Lampiran
2 Penguatan pemahaman guru terhadap bk.pedoman guru dan bk.teks pelajaran.
b.) Lampiran
3 Pemahaman guru terhadap proses dan penilaian pembelajaran.
c.) Lampiran
4 Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
d.) Lampiran
5 Pelaksanaan pembelajaran.
e.) Lampiran
6 Pelaksanaan penilaian pembelajaran.
C.
HASIL
Hasil implementasi kurikulum
2013 di SDN Plosolor baru mencapi 60% Karena dari Sekolah ,Guru , Siswa masih banyak mengalami
kendala dan belum bisa bekerja secara maksimal karena semua perlu proses
penyempurnaan. Namun semua stekholder yang ada dilembaga sangat mendukung
keberhasilan pelaksanaan implementasi 2013 di SDN Plosolor
D. KENDALA
Kendala
yang dihadapi oleh Sekolah, Guru,Siswa
SEKOLAH
:
Secara
umum lingkup sekolah sudah siap melaksanakan Kurikulum 2013
Tanggapan
maryarakat tentang materi pembelajaran dalam kurikulum 2013 terlalu sedikit.
GURU
Sarana
dan prasrana dan media yang kurang lengkap
Situasi
pembelajran dikelas dengan posisi berkelompok menjadikan sisiwa ramai sendiri
dan tidak fokus pada pembelajaran.
Anak
yang pandai semakin aktif sedangkan anak yang kurang pandai membuka kesempatan
untuk ramai dan berbincang keluar dari
pembelajaran
SISWA
Siswa
pertama bingung karena merupakan
pembelajaran yang baru ( Setiap hari diajak bermain ) siswa menggangap
kurikulum 2013 tidak berbeda dengan pembelajaran di TK, karena hal yang baru
pelaksanan kegiatan pembelajaran pertama
binggung namun lama kelamaan merasa senang. Dan pembelajaran berjalan
dengan baik.
WALI
SISWA:
Wali siswa merasa
kesulitan untuk mendampingi belajar dirumah.
SOLUSI PERMASALAHAN
Sekolah
bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan LPMP untuk mengadakan
pembahasan implemenasi kurikulum 2013 yang diikuti oleh:
-
Pengawas
- Kepala Sekolah
- Guru kelas 1,2,4,5 Guru agama
dan Guru Penjaskes,
- Komite Sekolah
- Wali Siswa kelas 1,2,4 dan 5
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
A. KESIMPULAN
1.
Kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan baik sesuai konsep kurikulum yang
diharapkan oleh pemerintah
2. Kurikulum 2013 menjadikan siswa memiliki
nilai karakter yang tinggi
3. Kurikulum 2013 menjadikan guru merubah pola pikir
4. Kurikulum
2013 menjadikan semua unsur pendidikan berperan aktif
B.
REKOMENDASI
Diharapkan
diadakan pelatihan- pelatihan bagi guru yang belum mengikuti pelatihan kurikulum 2013.
|
mohon izin akan digunakan, tapi tnag aja, di edit lho....
BalasHapusReferensi yang cukup bagus. Salut
BalasHapusterimakasih atas referensinya
BalasHapusReferensi cukup baik, agar ditingkatkan
BalasHapusmakasih, mohon ijin untuk kami jadikan bahan referensi penyusunan laporan di tempat kami.
BalasHapusmakasih kami jadikan acuan untuk laporan di tempat kami.
BalasHapus