Kamis, 18 September 2014



Satuan Pendidikan : SD Negeri Plosolor
Kelas / Semester     : IV ( Empat ) / Ganjil
Tema                        : 1.  Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                : 1 ( Satu )   / Pembelajaran 1  
Waktu                      : 8 x 35 menit
A.    Kompetensi Inti :
1.1         Menerima, menghargai dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.2         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun , peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
1.3         Memahami pengetahuan faktual dengan cara ( mebgamati, mendengar, melihat, membaca ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – banda yang dijumpainya dirumah, sekolah dan tempat bermain
1.4         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya estesis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi Dasar :
PKN
3.4 Memahami arti bersatu dalam keberagaman dirumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman dilingkungan rumah, sekolah, dan      masyarakat
4.4 Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa ( pakaian tradisional, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat ), sosial ekonomi ( jenis pekerjaan orang tua ) dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
IPS
3.5 Memahami manusia dalan dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energi panas, bunyi dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memillah kosakata baku
4.1 Mengamti, mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
SBdP
3.3 Membedakan panjang pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dalam gerak tangan
4.5 Menyajikan lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
C.    Indikator :
PKN

3.4.1 Menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
4.3.1 Menjelaskan ciri khas suku minang dalam bentuk peta fikran
4.4.1 Menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia


IPS
3.5.1 Menjelaskan sikap yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
4.5.1 Mengetahui permasalahan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, soaial, budaya, dan ekonomi
BAHASA INDONESIA
3.1.1 Membaca laporan tentang gaya gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
4.1.1 Mengolah informasi dari teks “ Mengenal Suku Minang “ dalam bentuk peta fikiran
SBdP
3.3.1 Menyanyikan lagu “ Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
D.    Tujuan Pembelajaran :
1.      Setelah mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar
2.      Setelah membaca teks ( Mengenal Suku Minang ), siswa mampu mengolah informasi dalam bentuk peta fikiran dengan benar
3.      Setelah mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan sikap yang harus ditujukkan untuk memnghormati keberagaman dalam bentuk tulisan yang benar
4.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan sebagai anak Indonesia dengan benar
5.      Setelah bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah yang sesuai
E.     Materi Ajar :  
1.      Identitas Suku Bangsa :
a.       Pakaian Tradisional
b.      Bahasa Daerah
c.       Rumah Adat
d.      Makanan Khas
e.       Upacara Adat
f.       Seni Tradisional ( lagu, alat musik dan tarian )
g.      Senjata Tradisional
h.      Persamaan Identitas Suku Bangsa
2.      Lagu “ Aku Anak Indonesia “
3.      Menghargai Keberagaman yang ada di Indonesia serta bangga menjadi Anak Indonesia
F.     Alokasi Waktu :

G.    Pendekatan/ Strategi / Metode :

Pendekatan : Saintifik ( Scientific )
Metode : Diskusi ( Discussion ) dan Percobaan ( Experiment )






H.    Kegiatan Pembelajaran :

KEGIATAN


DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam dan mengajak berdo’a ( religius )
·         Menegecek kehadiran peserta didik
·         Guru menanyakan beberapa gambar rumah adat, pakaian, tari dan objek – objek alam terkenal dari beberapa provinsi
·         Peserta didik mencermati gambar, kemudian diminta menyampaikan pendapat dan perasaanya setelah melihat gambar tersebut.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup yang akan dipelajari.

Inti
·         Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran, yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi pembelajaran.
·         Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok
·         Siswa membaca teks “ Mengenal Suku Minang “.
Siswa mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dalam benyuk peta fikiran.
·         Siswa berpasangan mendiskusikan jawaban dengan temannya, guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut di depan kelas.
·         Setelah membuat peta pikiran dan mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertannyaan yang ada pada buku siswa.

·         Guru secara klasikal dapat mengajukan pertanyaan berikut
1.      Dari manakah asal daerah kalian ?
2.      Apakah ciri khas daerah asalmu ?
·         Setelah itu siswa mencari asal – usul daerah teman – temannya dikelas melalui kegiatan bertanya jawab tentang suku, agama dan ciri khas daerah masing – masing.
·         Selanjutnya siswa membuat kesimpulan dari tabel hasil wawancara.
Guru membantu siswa dengan mengajukan pertannyaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa memjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
·         Siswa mengisi tabel tentang sikap yang berkaitan dengan keberagaman.

·         Setelah melukan kegiatan di atas guru mengajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia melalui kegiatan bernyanyi.
·         Guru menunjukan cara menyanyikan lagu tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi bersama.
·         Guru memberikan perhatian kepada nmereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
·         Setelah itu siswa mendiskusikan isi dan makna lagu “ Aku Anak Indonesia “ dalam kelompoknya.
·         Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya disepan kelas.
·         Siswa diberi penguatan tentang pentingnya memilki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
·         Selanjutnya semua siswa menceritakan alasan mengapa harus bangga menjadi Anak Indonesia.





·         Siswa menunjukan tulisannya kepada seorang teman.
·         Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.
·         Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan dihalaman 150.

Penutup
·         Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
·         guru memberi kesempatan kepada beebrapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
·         Guru melakukan penilaian
·         Guru menyampaikan pesan moral untuk senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, menumbuhkan rasa peduli sosial yang tinggi, dan bijaksana dalam perbedaan yang ada.
·         Salam dan do’a penutup.


I.       Penilaian :
1.      Tes tertulis dalam bentuk uraian
2.      Penilaian sikap selama bekerja kelompok
3.      Penilaian kinerja prestasi
J.      Sumber dan Media Pembelajaran :
1.      Atlas ( peta budaya )
2.      Peta budaya ( ada pada buku siswa )
3.      Teks lagu “ Aku Anak Indonesia “



Mengetahui
Kepala Sekolah



EKO DYAH KUMALARINI
NIP.19641121 198303 2 001


Kepung, 4 Agustus 2014
Guru Kelas IV



ANDRI SETIYA BUDI,S.Pd



      











LAMPIRAN
1.      Daftar Periksa untuk Peta Fikiran  ( Bahasa Indonesia )
Kriterria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Peta fikiran memuat rumah adat


Peta fikiran memuata bahasa


Peta pikiran memuat alat musik tradisiomnal


Peta fikiran memuat makanan tradisional


Peta fikiran memuat tarian tradisional



2.      Daftar Periksa Untuk Sikap menunjukkan Keberagaman ( IPS dan PKn )  
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman 


Menuliskan 5 sikap tidak menghargai keberagaman



3.      Rubrik Diskusi
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Berlatih Lagi
Mendengarkan
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

( 3)
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan
( 2)
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sdang berbicara
( 1)
Komunikasi nonverbal ( kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara )
Merespon dan menerpakan komunikasi nonverbal denga tepat

( 3 )
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman

( 2 )
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman
( 1 )
Partisipasi
( menyampaikan ide, perasaan, pikiran )

Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat berdiskusi
( 3 )
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik



( 2 )
Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung




( 1 )
Keruntutan berbicara
Menyampaikan pendapatnya secara runtut dari awal hingga akhir
( 3 )
Menyampaikan pendapatnya secara runtut, tetapi belum konsisten
( 2 )
Masih perlu berlatih untuk berbicara secara runtut

( 1 )

Catatan : centang ( v ) pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian : total nilai  x 10
                       12
Contoh : 2 + 3 + 1 + 2  x 10 = 8   x 10 = 6,7
12                          12
4.      Daftar Perikasa Untuk Menyanyi
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah
Belum

Bernyanyi sesuai dengan intonasi yang benar



Bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada







5.      Penilaian Sikap ( Peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu )
No.
Nama Siswa
Sikap
Belum Terlihat
Mulai
Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket
Teliti
Bertanggung Jawab
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








21








22








23








24








25









Tidak ada komentar:

Posting Komentar