Satuan
Pendidikan : SD Negeri Plosolor
Kelas
/ Semester : IV (
Empat ) / Ganjil
Tema
: 1. Indahnya Kebersamaan
Sub
Tema : 1 ( Satu ) / Pembelajaran 1
Waktu : 8 x 35 menit
A.
Kompetensi
Inti :
1.1
Menerima, menghargai
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
1.2
Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun , peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga dan guru
1.3
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara ( mebgamati, mendengar, melihat, membaca ) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda – banda yang dijumpainya dirumah, sekolah dan tempat
bermain
1.4
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya estesis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar :
PKN
3.4 Memahami arti
bersatu dalam keberagaman dirumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerja sama dengan
teman dalam keberagaman dilingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
4.4
Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa ( pakaian tradisional, rumah
adat, makanan khas, dan upacara adat ), sosial ekonomi ( jenis pekerjaan orang
tua ) dilingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar
IPS
3.5 Memahami manusia
dalan dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali informasi
dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak energi panas, bunyi dan
cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memillah kosakata baku
4.1 Mengamti,
mengolah dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak,
energi panas, bunyi dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
SBdP
3.3 Membedakan panjang
pendek bunyi, dan tinggi rendah nada dalam gerak tangan
4.5 Menyajikan
lagu dengan gerak tangan dan badan sesuai dengan tinggi rendah nada
C.
Indikator
:
PKN
3.4.1 Menjelaskan
keberagaman yang ada di Indonesia dalam bentuk tulisan
4.3.1 Menjelaskan ciri
khas suku minang dalam bentuk peta fikran
4.4.1 Menuliskan
contoh perilaku sebagai bentuk kebanggaan menjadi anak Indonesia
IPS
3.5.1 Menjelaskan sikap
yang harus ditunjukkan untuk menghormati keberagaman dalam bentuk tulisan
4.5.1 Mengetahui
permasalahan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, soaial,
budaya, dan ekonomi
BAHASA INDONESIA
3.1.1 Membaca laporan
tentang gaya gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa
kata baku
4.1.1 Mengolah
informasi dari teks “ Mengenal Suku Minang “ dalam bentuk peta fikiran
SBdP
3.3.1
Menyanyikan lagu “ Aku Anak Indonesia “ dengan tinggi rendah nada yang sesuai
D.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Setelah
mengamati gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang
ada di Indonesia dalam bentuk tulisan dengan benar
2. Setelah
membaca teks ( Mengenal Suku Minang ), siswa mampu mengolah informasi dalam
bentuk peta fikiran dengan benar
3. Setelah
mencari informasi keragaman teman sekelasnya dan berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan sikap yang harus ditujukkan untuk memnghormati keberagaman dalam
bentuk tulisan yang benar
4. Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu menuliskan contoh perilaku sebagai bentuk
kebanggaan sebagai anak Indonesia dengan benar
5. Setelah
bernyanyi dan berdiskusi, siswa mampu membedakan tinggi rendah yang sesuai
E.
Materi
Ajar :
1. Identitas
Suku Bangsa :
a. Pakaian
Tradisional
b. Bahasa
Daerah
c. Rumah
Adat
d. Makanan
Khas
e. Upacara
Adat
f. Seni
Tradisional ( lagu, alat musik dan tarian )
g. Senjata
Tradisional
h. Persamaan
Identitas Suku Bangsa
2. Lagu
“ Aku Anak Indonesia “
3. Menghargai
Keberagaman yang ada di Indonesia serta bangga menjadi Anak Indonesia
F.
Alokasi
Waktu :
G.
Pendekatan/
Strategi / Metode :
Pendekatan : Saintifik
( Scientific )
Metode : Diskusi
( Discussion ) dan Percobaan ( Experiment )
H.
Kegiatan
Pembelajaran :
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan salam dan mengajak
berdo’a ( religius )
·
Menegecek kehadiran peserta didik
·
Guru menanyakan beberapa gambar rumah
adat, pakaian, tari dan objek – objek alam terkenal dari beberapa provinsi
·
Peserta didik mencermati gambar,
kemudian diminta menyampaikan pendapat dan perasaanya setelah melihat gambar
tersebut.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup yang akan dipelajari.
|
|
Inti
|
·
Peserta didik mendengarkan penjelasan
mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan selama pembelajaran, yaitu
melaksanakan kegiatan pembelajaran diskusi pembelajaran.
·
Siswa mendiskusikan jawaban secara
berkelompok
·
Siswa membaca teks “ Mengenal Suku
Minang “.
Siswa
mengambil informasi penting dari teks yang dibacanya dalam benyuk peta
fikiran.
·
Siswa berpasangan mendiskusikan
jawaban dengan temannya, guru dan siswa mendiskusikan hasil jawaban tersebut
di depan kelas.
·
Setelah membuat peta pikiran dan
mendiskusikannya, siswa secara individu menjawab pertannyaan yang ada pada
buku siswa.
|
|
·
Guru secara klasikal dapat mengajukan
pertanyaan berikut
1. Dari
manakah asal daerah kalian ?
2. Apakah
ciri khas daerah asalmu ?
·
Setelah itu siswa mencari asal – usul
daerah teman – temannya dikelas melalui kegiatan bertanya jawab tentang suku,
agama dan ciri khas daerah masing – masing.
·
Selanjutnya siswa membuat kesimpulan
dari tabel hasil wawancara.
Guru membantu
siswa dengan mengajukan pertannyaan yang ada pada buku siswa.
·
Siswa memjawab pertanyaan yang ada
pada buku siswa.
·
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang
berkaitan dengan keberagaman.
|
|
|
·
Setelah melukan kegiatan di atas guru
mengajak siswa untuk meningkatkan kebanggaan mereka menjadi anak Indonesia
melalui kegiatan bernyanyi.
·
Guru menunjukan cara menyanyikan lagu
tersebut sesuai dengan notasi lagu dan tinggi rendah nada. Siswa bernyanyi
bersama.
·
Guru memberikan perhatian kepada
nmereka yang belum bisa menyanyikan lagu sesuai notasi yang benar.
·
Setelah itu siswa mendiskusikan isi
dan makna lagu “ Aku Anak Indonesia “ dalam kelompoknya.
·
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusinya disepan kelas.
·
Siswa diberi penguatan tentang
pentingnya memilki kebanggaan menjadi anak Indonesia.
·
Selanjutnya semua siswa menceritakan
alasan mengapa harus bangga menjadi Anak Indonesia.
·
Siswa menunjukan tulisannya kepada
seorang teman.
·
Siswa menjawab pertanyaan perenungan
yang ada pada buku siswa.
·
Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan perenungan dihalaman 150.
|
|
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan bimbingan guru
menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari itu.
·
guru memberi kesempatan kepada
beebrapa peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran
yang telah diikuti.
·
Guru melakukan penilaian
·
Guru menyampaikan pesan moral untuk
senantiasa menghormati keanekaragaman suku bangsa di Indonesia, menumbuhkan
rasa peduli sosial yang tinggi, dan bijaksana dalam perbedaan yang ada.
·
Salam dan do’a penutup.
|
|
I.
Penilaian
:
1. Tes
tertulis dalam bentuk uraian
2. Penilaian
sikap selama bekerja kelompok
3. Penilaian
kinerja prestasi
J.
Sumber
dan Media Pembelajaran :
1. Atlas
( peta budaya )
2. Peta
budaya ( ada pada buku siswa )
3. Teks
lagu “ Aku Anak Indonesia “
Mengetahui
Kepala
Sekolah
EKO
DYAH KUMALARINI
NIP.19641121
198303 2 001
|
|
Kepung, 4 Agustus 2014
Guru
Kelas IV
ANDRI
SETIYA BUDI,S.Pd
|
LAMPIRAN
1.
Daftar
Periksa untuk Peta Fikiran ( Bahasa
Indonesia )
Kriterria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Peta fikiran memuat rumah adat
|
|
|
Peta fikiran memuata bahasa
|
|
|
Peta pikiran memuat alat musik
tradisiomnal
|
|
|
Peta fikiran memuat makanan
tradisional
|
|
|
Peta fikiran memuat tarian tradisional
|
|
|
2.
Daftar
Periksa Untuk Sikap menunjukkan Keberagaman ( IPS dan PKn )
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menuliskan 5 sikap menghargai keberagaman
|
|
|
Menuliskan 5 sikap tidak menghargai
keberagaman
|
|
|
3.
Rubrik
Diskusi
Kriteria
|
Bagus
Sekali
|
Cukup
|
Berlatih
Lagi
|
Mendengarkan
|
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara
( 3)
|
Mendengarkan teman yang berbicara
namun sesekali masih perlu diingatkan
( 2)
|
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sdang berbicara
( 1)
|
Komunikasi nonverbal ( kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara )
|
Merespon dan menerpakan komunikasi
nonverbal denga tepat
( 3 )
|
Merespon dengan tepat terhadap
komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman
( 2 )
|
Membutuhkan bantuan dalam memahami
bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman
( 1 )
|
Partisipasi
( menyampaikan ide, perasaan, pikiran
)
|
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya
saat berdiskusi
( 3 )
|
Berbicara dan menerangkan secara
rinci, merespon sesuai dengan topik
( 2 )
|
Jarang berbicara selama proses diskusi
berlangsung
( 1 )
|
Keruntutan berbicara
|
Menyampaikan pendapatnya secara runtut
dari awal hingga akhir
( 3 )
|
Menyampaikan pendapatnya secara
runtut, tetapi belum konsisten
( 2 )
|
Masih perlu berlatih untuk berbicara
secara runtut
( 1 )
|
Catatan : centang ( v )
pada bagian yang memenuhi kriteria
Penilaian : total
nilai x 10
12
Contoh : 2
+ 3 + 1 + 2 x 10 = 8 x
10 = 6,7
12
12
4. Daftar
Perikasa Untuk Menyanyi
Nama Siswa
|
Kriteria Penilaian
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
||
|
Bernyanyi
sesuai dengan intonasi yang benar
|
|
|
|
Bernyanyi
sesuai dengan tinggi rendah nada
|
|
|
5. Penilaian
Sikap ( Peduli, percaya diri, dan rasa ingin tahu )
No.
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
|
Teliti
|
Bertanggung Jawab
|
|||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar